Latest Posts
Sudah pada
pernah naik pesawat terbang kan? Maskapai penerbangan merupakan salah
satu transportasi yang populer di indonesia. Tapi pernah gak Anda
bertanya dalam diri sendiri, di saat pesawat landing (mendarat)
bagaimana dengan kecepatan setinggi itu bisa mengurangi kecepatan dalam
waktu beberapa detik saja?
Selain
tuntutan dari landasan pacu yang panjangnya cuma beberapa kilometer
saja, kalo gak ngerem nanti keterusan lagi di jalan raya.
Ada beberapa proses pengereman/pengurangan laju pesawat yang mungkin pernah anda perhatikan ketika duduk di dekat jendela :
Flap terdapat
pada bagian belakang sayap. Flap tidak hanya digunakan pada saat pesawat
lepas landas. Pada saat landing, flap juga berfungsi sebagai "Airbrake"
atau rem angin dalam laju pesawat setelah landing.
Flap
terdiri dari beberapa level yaitu, flap 1 sampai 40 (pada boeing 737).
Umumnya pada saat landing flap dikeluarkan secara penuh (flap 40 pada
boeing 737) tidak seperti pada saat lepas landas (yang hanya memakai
flap 5)
2.Air Brake Spoiler
Nah, yang satu ini dikhususkan sebagai airbrake/rem angin pada pesawat.
Fungsinya sebagai penghambat laju angin dan memberikan gesekan pada
sayap pesawat sehingga gaya laju angin pada pesawat terhambat oleh
spoiler pada pesawat itu sendiri. Letak airbrake spoiler ini di atas
flap pada sayap pesawat.
3.Reserve Trust
Bisa dikatakan
dari semua faktor pengereman, inilah yang paling penting. "Dorongan
balik" jet pada kedua sayap pesawat mendorong berlawanan dengan arah
laju pesawat. Apakah putaran mesin jet yang berubah arah?
Tentu
tidak mungkin jet yang sedang memutar cepat dapat berganti arah
berlawanan. Lalu bagaimana jet yang menyemburkan dorongan ke belakang
pesawat lalu seketika dapat berubah menjadi semburan ke depan yang
berlawan dengan arah laju pesawat?
Disinilah
menariknya, pada kedua jet terdapat katup-katup otomatis yang akan
terbuka jika pesawat akan melakukan dorongan balik berlawanan dengan
lajunya.
Katup
ini menghalangi udara yang disemburkan baling-baling pesawat untuk
memantulkan udaranya ke depan (dari yang seharusnya ke belakang jika
tanpa katup). Dengan kata lain, jet menutup saluran semburan ke belakang
pesawat sehingga pesawat mendapat dorongan yang berlawanan dengan arah
lajunya.
4.Wheel Brake
Categories:
Label:
Wawasan